Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku. (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Asal usul Jin

JIN secara bahasa artinya yang tersembunyi, terhalang,tertutup.
Disebut jin, karena makhluk ini terhalang (tidak dapat dilihat) dengan kasat mata manusia. ‪

Kata SYAITHAN, dalam bahasa Arab berasal dari kata syathona yg berarti ba'uda (jauh= yg selalu menjauhkan manusia dari kebenaran) lalu kata syaithan ini digunakan utk setiap mahluk berakal yg durhaka/membangkang (kullu 'aat wa mutamarrid). Pada awalnya istilah setan (syaitan) ini diberikan pd salah satu golongan jin (Iblis) yg beribadah pd ALLAH dan tinggal dg malaikat diSyurga. 

Merujuk pada kisah Adam dan Iblis dari ayat 12-20 QS alAraf, gelar setan diberikan ALLAH utk pertama kalinya pd Iblis tatkala dia menyatakan alasan penolakan untuk sujud pd Adam.QS Thaha 20:117 , ALLAH beri peringatan pd Adam bahwa mahluk yg terkutuk itu akan menjadi musuh Adam dan Istrinya. QS.Yasin;60 , ALLAH tegaskan kembali gelar setan diberikan pada musuh Adam tsb dijadikan peringatan bagi anak cucu Adam. 

Adapun IBLIS terambil dari kata 
al-balas yg berarti makhluk yg tidak mempunyai kebaikan sedikitpun (man la khaira 'indah), atau dari kata ablasa yg berarti putus asa dan bingung (yaisa wa tahayyara). Disebut iblis (putus asa) krn mereka merasa putus asa dgn rahmat ALLAH, juga disebut iblis krn mereka tdk pernah berbuat kebaikan sedikitpun. Dahulunya iblis ini bernama  Naail, akan tetapi sejak ia membangkang dan menolak perintah ALLAH sujud pd Adam,ia dirubah namanya menjadi syaithan.