Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku. (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Bumi Datar Bukan Bulat


Dalam kesempatan ini saya mencoba menuliskan apa yang saya percayai dan apa yang saya anut dimana Allah SWT adalah pencipta diri saya dan yang mengatur dan membuat apa yang saya lihat atau pun rasakan. Menurut pribadi saya sendiri didasari kepercayaan saya hanya kepada Sang Pencipta diri saya, Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, bahwa bumi datar bukan bulat berdasarkan ayat Al Quran sebagai berikut:

  1. .Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS Al Baqarah 22).
  2. Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-ja]an, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. (QS Thaahaa 53).
  3. Dan Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan (QS Nuh 19)
  4. Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? (QS An Naba' 6)
  5. Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata (QS Qaaf 7)
  6. Dan bumi itu Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami). (QS Adz Dzaariyaat 48)
  7. Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya. (QS An Naazi´aat 30)
  8. Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (QS Al Ghaasyiyah 17-20)
  9. Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. (QS Al Hijr 19)
  10. Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan. (QS Al Baqarah 144)
  11. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan (tujuh buah langit); dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan (Kami). (QS Al Mu'minuun 17)
  12. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS Fushshilat 12)
  13. Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS Al Baqarah 29)
  14. Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? (QS Al Mulk 3)
  15. Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? (QS Nuh 15)
  16. dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh (QS An Naba' 12)
  17. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´Arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS Al Hadid 4)
Berdasarkan ayat Al Quran yang saya cari bahwa bumi adalah dataran bukan seperti bola/bulat. Jika dibilang bulat maka ada kesempatan dimana alas kakinya manusia menghadap ke Arsy nya Allah, astaghfirullah hal adzim, dan jika bulat maka kita bisa shalat ke berlawanan arah karena bumi bulat.

Saya hanya menegaskan kepada diri saya pribadi dan keluarga saya bahwa apa yang di tulis di Al Quran adalah benar dan jelas serta tidak perlu diperdebatkan bahwa bumi adalah datar dan di atas nya atas ada tujuh lapis langit dan terdapat batasan atara langit yaitu Sidratul Muntaha dan diatasnya terdapat Arsy dimana Allah SWT bersemayam diatasnya.

“(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala” (QS Al Mu'min 7).

“Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka. “(QS Al Haaqqah 17)

Cukup Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW saja yang aku percaya.

No comments:

Post a Comment