Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku. (QS. Adz-Dzariyat: 56)

AMALAN BEBAS DARI HUTANG

Di dalam hadis ada doa untuk membebaskan diri dari hutang. Doa ini biasa dibaca pada pagi dan petang sebanyak tiga kali. Berikut kisahnya: Ketika Rasulullah SAW masuk masjid beliau dihampiri Abu Umamah. Sahabat ini mengeluh kepada Nabi SAW: "Kesusahan dan hutang-hutang membelit diriku, wahai Rasulullah."
Rasulullah bersabda: "Maukah aku ajarkan sebuah doa kepadamu yang apabila engkau mengucapkannya, ALLAH menyingkirkan kesusahanmu dan membayar hutang-2mu."
Kalimat-kalimat doanya sebagai berikut: "Allahumma inni a'udzu bika min al-hamm waalhazan waa'udzu bika minalajzli waal-kasal waa'udzu bika minal-jubni waal-bukhl wa a'udzu bika minghalabatal-dayni wa qahral-rijal." Ya ALLAH saya berlindung kepada Engkau dari kesusahan dan kesedihan, saya berlindung kepada Engkau dari kelemahan dan kemalasan, saya berlindung kepada Engkau dan kepengecutan dan kekikiran, dan saya berlindung kepada Engkau dari himpitan hutang dan paksaan orang."

No comments:

Post a Comment